Senin, 24 Agustus 2009

KETAHANAN TUBUH

- AIROSMO Pembentuk Ketahanan Tubuh -


"Kesehatan menjadi tak ternilai harganya
pada saat seseorang jatuh sakit."

- Airosmo


Tanpa kita sadari dan sulit untuk memahami, bahwa tubuh dapat memperbaiki dirinya sendiri, seperti menyembuhkan luka bekas goresan, dan juga tulang yang patah. Cara kerja tubuh manusia masih lebih rumit daripada itu. Tubuh itu bukan hanya dapat memperbaiki yang rusak karena kecelakaan dan penyakit, tetapi dalam banyak hal tubuh dapat menangkis ini semua sebelum terjadi.

Rasa Nyeri Adalah Sinyal Bahaya
Rasa nyeri menandakan tubuh sedang mengalami bahaya. Rasa nyeri kulit karena tusukan jarum menyebabkan seseorang menyentakkan tangan menjauh dari penyebab luka. Rasa nyeri lambung adalah pertanda tentang kesembronoan waktu makan. Rasa nyeri usus buntu dapat menarik perhatian kepada usus buntu yang mau pecah dan menekankan pentingnya pertolongan yang segera.
Rasa nyeri pada dada kiri (angina pectoris) menandakan pembuluh darah arteri jantung mulai ada sumbatan, dan menyadarkan sipenderita agar memperhatikan pola makan yang sehat dan menghindari konsumsi daging hewan yang berlemak.
Rasa nyeri juga dapat mengingatkan tubuh dalam penyembuhan. Apabila seseorang mendapat luka atau patah tulang di bagian tubuhnya, rasa nyeri akan melarangnya menggunakan bagian ini terlalu sering, sampai sempurna proses penyembuhan. Sakit gigi “menyuruh korbannya supaya merawatnya.”

Tubuh Menyesuaikan Diri Secara Otomatis
Tubuh mempunyai banyak sinyal terhadap kelalaian. Kalau bukan karena rasa haus, orang akan lalai meminum air. Rasa ngantuk menandakan tubuh menuntut waktu istirahat.
Tubuh juga mempunyai alat pengatur suhu yang dapat menyesuaikan dan melindungi tubuh dari udara panas maupun dingin. Apabila udara sangat panas, pusat otak akan menghidupkan mesin pendingin. Pembuluh-pembuluh darah halus yang berada di dalam kulit akan mengendor agar darah mengalir lebih banyak dalam kulit. Hal ini akan merangsang kelenjar peluh untuk mengeluarkan cairan ke permukaan kulit. Penguapan cairan ini akan menyejukkan tubuh kita sebagaimana penguapan dari mesin pendingin.
Begitu pula, apabila suhu luar menurun banyak di bawah suhu tubuh yang optimum, maka tubuh akan menggigil dan menimbulkan gerakan yang memicu pembakaran energi lebih banyak. Panas yang dihasilkan akan mengalirkan darah dan membuang panas tubuh di bagian tangan dan kaki. Inilah sebabnya, pada keadaan udara yang demikian, tangan dan kaki menjadi dingin sedangkan bagian tubuh yang lainnya tetap hangat.
Inilah cara tubuh untuk mengatur suhu tubuh agar tetap normal.

Gerak Refleks yang Melindungi
Bila Anda sedang mengendarai mobil di bawah pepohonan yang rendah dahannya. Apakah Anda menundukkan kepala mengelakkan dahan pohon itu sedangkan Anda duduk aman dalam mobil?. Anda mungkin tersenyum dan merasa sedikit bodoh. Tetapi Anda tidak perlu kecewa. Itu adalah salah satu mekanisme refleks yang menyebabkan Anda mengelak.
Seseorang secara otomatis akan mengedipkan matanya apabila seekor serangga akan memasuki matanya.
Dalam proses menelan, seluruh bagian kotak suara terangkat supaya lobangnya tertutup dan makanan dapat meluncur ke dalam saluran makanan. Lubang kotak suara menyalurkan udara ke dalam paru-paru melalui kerongkongan. Kalau bukan karena gerak refleks yang menutup pipa udara, makanan akan kesasar ke dalam saluran udara. Tetapi karena gerak refleks bekerja dengan teratur, hanya makanan dan minuman saja yang dapat memasuki saluran makanan, sedangkan hanya udara saja yang dapat memasuki kerongkongan. Begitu penting pernafasan sehingga pengamanan berlangsung dua kali untuk mencek apakah kotak suara sudah tertutup. Jikalau potongan roti masuk ke dalam kotak suara atau kerongkongan, mekanisme gerak refleks mencekik leher dan menimbulkan batu. Gerakan ini akan memompa udara dari dalam paru-paru begitu cepat untuk mengeluarkannya.
Sebab itu kita bersyukur karena gerak refleks otomatis yang ada dalam tubuh akan mencegah banyak kecelakaan.

Tubuh Mempunyai Organ Keselamatan
Organ Hati (Lever) berfungsi sebagai alat kontrol keseimbangan kadar bahan2 kebutuhan tubuh di dalam darah dan juga berfungsi untuk menyingkirkan racun yang masuk ke dalam tubuh melalui absorpsi pembuluh darah usus.
Organ Pankreas (limpa) yaitu alat yang menghasilkan salah satu cairan pencerna dan juga hormon penting yaitu insulin sebagai pembakar glukosa di dalam sel penghasil tenaga.
Organ Paru-paru sebagai tempat untuk pertukaran zat asam sebagai gas bahan bakar penghasil energi, dan zat asam arang sebagai gas hasil buangan metabolime tubuh.
Organ Ginjal mempunyai fungsi penting dalam memisah-misahkan sisa-sisa pembakaran yang diterimanya dari darah, dan kemudian membuangnya dari dalam tubuh bersama urine. Seandainya ginjal tidak melakukan fungsinya dengan teratur, kotoran akan bertumpuk dalam darah dan akan merusak fungsi organ Jantung yang bertugas memompa darah ke seluruh tubuh. Perlu diketahui, bahwa semua penyakit pada akhirnya akan membawa dampak pada komplikasi gagal jantung.
Jaringan pembuluh darah yang berfungsi menyalurkan nutrisi dan oksigen sebagai bahan bakar ke seluruh sel tubuh termasuk sel-sel Otak sebagai pusat kendali saraf tubuh. Bila pembuluh darah sampai tersumbat oleh pencemaran dan sampah darah, maka sel-sel akan rusak dan mati. Pembuluh darah juga berfungsi membawa semua sampah hasil pembakaran sel untuk dikeluarkan melalui paru-paru (gas CO2), hati (sampah padat) dan ginjal (sampah cair).
Tidak berfungsinya salah satu dari organ-organ tsb membawa maut bagi kelangsungan hidup seseorang dan akan berakhir pada kematian dini.

Peranan Demam
Produksi antibodi, seperti sel darah putih bukanlah satu-satunya cara tubuh memerangi kuman penyakit. Menurut penyelidikan di laboratory, suhu tubuh yang lebih tinggi dari normal nampaknya berfungsi menghalangi perkembangan kuman-kuman dan memperkuat mekanisme pertahanan tubuh. Setiap orang mengetahui bahwa setiap infeksi menghasilkan demam. Begitulah demam yang dianggap musuh kesehatan sebenarnya suatu proses alamiah tubuh dalam memerangi kuman. Lebih banyak kegunaannya daripada keburukannya, asal tidak terlalu tinggi.

Cara ajaib tubuh manusia melindungi dirinya sendiri terhadap luka-luka dan penyakit, membuat beberapa orang menganggap bahwa tidak akan ada bahaya yang akan menimpa tubuh mereka, sehingga membuat seseorang mengabaikan hidup sehat dalam batas-batas kemampuan tubuh dengan memasukkan berbagai racun ke dalam tubuhnya, seperti asap rokok dan minuman beralkohol serta berbagai bahan mineral anorganik
berbahaya lainnya. Hal ini akan mengganggu sistim kerja metabolisme tubuh, dan dapat merusak organ-organ penting tubuh dan memperpendek usia.

AIROSMO dengan kemurnian 99,99% adalah air untuk kesehatan dan salah satu syarat agar kinerja metabolisme tubuh dapat berjalan dengan sempurna, sehingga daya tahan tubuh kita bertambah dan terhindar dari berbagai penyakit.


Kita harus berterimakasih dan menghargai tubuh kita sendiri, karena cara alamiah ini yang memperpanjang umur dan melindungi kesehatan manusia. Oleh sebab itu seseorang harus mengikuti pola hidup sehat dan tidak memasukkan zat-zat asing ke dalam tubuh agar tidak menambah beban terhadap kemampuan maksimum tugas tubuh menangkal berbagai penyakit.